Monday, December 5, 2011

JENIS-JENIS JARINGAN KOMPUTER

Pengertian jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang saling terkait. Jenis-jenis Jaringan Komputer dibagi dalam 5 jenis berdasarkan area geografisnya yaitu :
Jaringan Komputer Local Area Network ( LAN )
Local Area Network ( LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah bangunan atau kampus yang berukuran hingga beberapa kilometer. LAN kerap digunakan untuk menyambungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk pemakaian bersama sumber daya ( resource misalnya printer, CD ROM ) dan digunakan untuk bertukar informasi.

Jaringan Komputer Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN), sebenarnya merupakan versi LAN, namun pada MAN ukuran jaringan komputer  lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup  kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau daya sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (privat) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan  dengan jaringan televise kabel.

Jaringan Komputer Wide Area Network ( WAN )
Wide Area Network (WAN), jangkuannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah Negara bahkan antar benua. WAN terdiri dari mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program  ( Aplikasi Pemakai secara bersama-sama ).

Jaringan Komputer Internet 
jenis Jaringan komputer ini adalah merupakan versi jaringan terbesar. Sebenarnya terdapat banyak jaringan di dunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubungt ke jaringan lainnya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi disebut dengan internet.

Jaringan Komputer Wireless
Jenis jaringan komputer wireless atau diistilahkan dengan nirkabel adalah jaringan komputer tanpa menggunakan kabel dan menggunakan tehnologi radio

No comments:

Post a Comment