Saturday, December 3, 2011

TEKNOLOGI INFORMASI DALAM BIDANGPENDIDIKAN


Teknologi Informasi  dalam perkembangannya sangat pesat  segala bidang tak terkecuali Teknologi informasi dalam bidang pendidikan. Seorang  tenaga kependidikan sudah saatnya menguasai keterampilan Teknologi Informasi jika tidak ingin ketingaalan dan dikatakan sebagai guru katrok alias ketinggalan.
Era teknologi informasi pada saat ini sebuah reformasi yang telah memberikan dampak yang mempengaruhi perkembangan sebuah organisasi yang menggantungkan kepentingannya pada teknologi ini. Informasi memberikan arti data yang telah diproses menjadi panduan dan juga landasan untuk membuat keputusan seperti yang dikatakan oleh Davis dan Olson "a data yang telah processed into a form that is meaningful to the recipient and is of real perceived value in current or perspective decisions.
Pengertian Informasi (Information) adalah data yang telah disusun agar memiliki arti dan nilai kepada penerima. Penerima menafsirkan maksud dan menyimpulkan dan implikasinya. Data yang diproses oleh program aplikasi menggambarkan kegunaannya yang lebih spesifik dan memiliki nilai tambah dibandingkan akses singkat dari sebuah database.
Informasi juga bisa didefinisikan sebagai satu data yang dapat digunakan dan dieksploitasi untuk mencari informasi baru sehingga berhasil mengubah atau menambahkan sesuatu keputusan yang telah dibuat. Informasi juga bisa mengurangi keraguan dan juga kekeliruan terkait sesuatu hal, kenyataan dan juga kejadian yang terjadi.
Teknologi pula bisa dipahami sebagai satu mekanisme atau metode baru dalam melakukan atau menghasilkan sesuatu yang mana ia melibatkan ilmu pengetahuan dan juga keahlian yang beragam. Teknologi membawa kepada perubahan yang besar dengan kualitas dan kuantitas sebuah produk diproduksi bersama.
Teknologi informasi, berarti keahlian dalam bidang manajemen dan dimulai dari penghasilan sampai penyampaian ke pengguna terakhir dan ia berkesinambungan dan berkelanjutan sampai tujuan tercapai.
Teknologi informasi (IT) sangat relevan dan penting pada sebuah organisasi yang ingin perusahaannya berkembang dan kompetitif di tingkat internasional. Dewasa ini, Penggunan Teknologi jaringan komputer pada perusahaan sebagai penunjang teknologi informasi ini secara maksimal dan itu sangat jelas diaplikasikan pada perusahaan yang berskala besar.
Teknologi informasi dalam bidang pendidikan tidak terkecuali. Sadar atau tidak, isu ini telah menjadi satu gelombang yang telah mempengaruhi pendidikan di negara kita dari segi penyediaan infrastruktur  dan juga kepada proses belajar mengajar.

No comments:

Post a Comment