Tuesday, November 15, 2011

Jaringan Komputer >> Pengertian jaringan Komputer & Komponen Jaringan Komputer

Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian jaringan komputer adalah sekumpulan komputer minimal 2 saling terhubung dengan tujuan untuk berbagi data, informasi dan berbagi pakai peralatan, dengan kata lain Jaringan komputer adalah sekelompok hardware seperti PC, printer, dan peralatan lain yang terhubung satu sama lain dan masing-masing terjadi interaksi komunikasi.
Lebih jauh pengertian Jaringan Komputer adalah sebuah kumpulan komputer, peripheral atau peralatan lainnya yang terhubung. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar informasi, dokumen dan data, menggunakan peralatan yang sama secara bersama sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Semua Jenis-jenis jaringan komputer bertujuan untuk berbagi data dan informasi

Komponen Jaringan Komputer

Komponen  jaringan komputer adalah syarat terhubung antar komputer, minimal harus memiliki:
sedikitnya 2 buah komputer
  •  Kabel penghubung antar komputer. Apabila jaringan komputer mengaplikasikan teknologi nirkabel, maka  harus memiliki media penghubung antar komputer dengan wireless access point.
  •  Network Interface Card (NIC) yang dipasang pada masing-masing komputer.
  • Switch diperlukan untuk transmisi  data dari satu komputer ke komputer lain. Hub juga bisa digunakan untuk menggantikan posisi switch, akan tetapi kualitas transmisi data masih lebih baik menggunakan switch.
  • Perangkat lunak  untuk mengatur sistem jaringan komputer pada masing-masing komputer.
  • Server jika diperlukan untuk sistem jaringan yang terkendali.
Setiap komputer, printer atau periferal yang terkoneksi dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer bisa saja memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node. Sebuah jaringan biasanya terdiri dari 2 atau lebih komputer yang saling terhubung antara satu dengan yang lainnya, dan saling berbagi sumber daya misalnya CDROM, Printer, pertukaran file, atau memungkinkan untuk saling berkomunikasi secara elektronik. Komputer yang terhubung tersebut, dimungkinkan berhubungan dengan media kabel, saluran telepon, gelombang radio, satelit, atau sinar infra merah. Media apapun yang dipergunakan untuk saling berkomunikasi antara komputer maka tetap disebut sebagai sebuah jaringan komputer

No comments:

Post a Comment