Tuesday, November 22, 2011

SISTEM OPERASI DAN JENIS-JENIS SISTEM OPERASI

Pengertian Sistem Operasi

Sistem operasi adalah program yang befungsi sebagai perantara antara user dengan hardware komputer. Sistem operasi digunakan untuk menjalankan program pengguna dan memudahkan menyelesaikan permasalahan pengguna. Selain itu dengan adanya sistem operasi membuat sistem komputer nyaman digunakan. Sistem operasi mempunyai tujuan untuk menggunakan perangkat keras komputer secara efisien. Sistem Operasi, mempunyai tugas untuk melakukan control dan koordinasi penggunaan perangkat keras pada berbagai program aplikasi untuk user-user yang berbeda.

Jenis-Jenis Sistem Operasi


Sistem Operasi Multi Programming
Sistem operasi Pada sistem multi programming, harus menyediakan mekanisme untuk manajemen memori, penjadwalan CPU dan manajemen disk. Sistem operasi multi program menyediakan suplai untuk I/O routine. Sistem harus dapat mengalokasikan memory untuk beberapa tugas. Beberapa tugas yang sudah siap dijalankan akan dipilih oleh sistem job mana yang akan dieksekusi oleh CPU. Perangkat apa saja yang diperlukan oleh setiaptugas juga harus dialokasikan oleh sistem.
Sistem Operasi Time Sharing
Sistem time sharing sering disebut dengan sistem komputasi interaktif, dimana sistem komputer menyediakan komunikasi on-line antara user dengan sistem. User memberikan instruksi pada sistem operasi atau program secara langsung dan menerima respon segera.
Sistem Operasi Terdistribusi
Prosessor pada sistem terdistribusi bervariasi ukuran dan fungsinya. Umumnya terdiri dari micro posessor, workstation, mini komputer dan sistem komputer general purpose. Prosessor-prosessor ini disebut dengan site, node, komputer atau lainnya. 
Sistem Operasi Real Time
Sistem operasi Real time digunakan untuk keperluan khusus,  Sistem real time dibutuhkan untuk suatu tugas yang memerlukan ketepatan waktu. Pada pemrosesan atau aliran data dijadwalkan dalam pengoperasiannya misalnya pada aplikasi seperti mengontrol percobaan keilmuan, sistem medical imaging, sistem control industri dan beberapa sistem display. Batasan waktu harus ditetapkan pada sistem operasi ini


No comments:

Post a Comment

Post a Comment