Tuesday, November 15, 2011

Manfaat Jaringan Komputer dan Internet

Manfaat Jaringan Komputer Dan Internet

Manfaat Jaringan Komputer Secara Umum

Manfaat Jaringan komputer secara umum adalah saling bertukar data atau informasi secara langsung, Bisa memanfaatkan secara bersama perangkat yang terpasang pada komputer lain,  memungkinkan mengerjakan suatu pekerjaan secara bersama-sama.
Manfaat jaringan komputer dan internet sangat dirasakan, kehadiran jaringan komputer dan internet dirasakan sebagai kebutuhan pokok untuk memperoleh informasi dan kemudahan komunikasi bisa dirasakan melalui manfaat jaringan komputer dan internet. Kebutuhan akan komunikasi melalui Jaringan Komputer dan Internet semakin meningkat dan pesat.  Saat ini disetiap instansi pemerintah, swasta bahkan instansi non formal memerlukan Jaringan Komputer dan Internet.
Manfaat jaringan komputer jika dibandingkan dengan penggunaan komputer secara stand alone atau komputer yang tidak terhubung dalam jaringan, tentunya jauh berbeda dari segi manfaatnya.

Manfaat Jaringan Komputer Secara Khusus

Dibawah ini kita bisa lihat manfaat jaringan komputer
  • Manfaat Jaringan Komputer memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien. Dalam bidang usaha managemen metode yang harus diterapkan, penghematan dalam management perlu dilakukan untuk menghindari adanya kebangkrutan akibat kurang efisien dalam mengelola sumber daya.
  • Manfaat Jaringan Komputer membantu mempertahankan informasi agar up to date dan aman. Dalam jaringan komputer ataupun internet, tempat penyimpanan data terpusat atau disebut dengan server adalah hal yang harus dimiliki guna keperluan  pengelolaan secara berkala dalam hitungan detik. Selain melayani data yang selalu update, server juga bisa mengontrol dan membatasi para pengguna yang ingin mengakses data sewaktu data sedang dalam proses di server, jadi dengan server orang yang tidak memiliki hak akses tidak bisa mengambil, mengedit dan menghapus data sembarangan, dengan server juga data setidaknya bisa aman dari kehilangan akibat virus.
  • Manfaat Jaringan komputer membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing).
  • manfaat pada macam-macam jaringan komputer baik LAN, MAN, WAN atau internet memungkinkan transfer data dari client 1 ke client yang lain bisa dilakukan dengan cepat. sehingga menghemat waktu dan biaya
  • Manfaat Jaringan komputer memungkinkan pembentukan kelompok kerja (workgroup) dapat berkomunikasi secara efisien.
  • Aplikasi pada jaringan komputer memungkinkan penggunaan surat elektornik yang cepat sampai pada tujuan hanya dengan hitungan detik, aplikasi komunikasi lainnya seperti fasilitas chatting dan teleconference memungkinkan komunikasi virtual dengan percakapan dan tatapmuka secara langsung.
  • Jaringan komputer membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif.
  • Dengan manfaat jaringan komputer dan internet, Jarak bukanlah kendala dalam sebuah bisnis, layanan akses secara online, misalnya dengan menyediakan sebuah website, atau aplikasi / program jarak jauh, sehingga dapat membantu usaha dalam melayani pelanggan di luar jangkaun kerja perusahaan
Diatas  adalah beberapa manfaat jaringan komputer dan internet secara umum dirasakan, penggunaan jaringan komputer dan internet sudah memasuki segala sisi kehidupan. Kemudahan memperoleh data dan informasi hanya dengan klik kita akan dapat merasakan manfaat jaringan komputer 

1 comment: