Saturday, November 19, 2011

SEJARAH WIRELESS LAN

Sejarah Wireless LAN

Sejarah wireless LAN di awali sekitar  tahun 1970  pada University of Hawaii, di bawah kepemimpinan Norman Abramson, dikembangkan untuk pertama kalinya sebuah komunikasi jaringan komputer dengan  menggunakan biaya rendah seperti ham radio, bernama ALOHAnet.  Termask tujuh komputer yang digunakan dengan Topologi bintang  sistem bi-directional lebih dari empat pulau untuk berkomunikasi dengan komputer pusat di Pulau Oahu tanpa menggunakan saluran telepon.
Pada awal-awal sejarah Wireless LAN, penemuan perangkat WLAN aslinya sangat mahal yang hanya dapat  digunakan sebagai alternatif   dimana pengkabelan sangat sulit atau tidak dimungkinkan  untuk instalasi LAN. Perke Pengembangan pertama meliputi solusi spesifik industri and protokol proprietary, tetapi pada akhir 1990-an digantikan dengan standar, versi jenis utama dari IEEE 802.11 (Wi-Fi). Sebuah alternatifATM-seperti teknologi standar 5 GHz, HIPERLAN, sejauh ini tidak \berhasil di pasar an, dan dengan dirilisnya piranti  yang lebih cepat 54 Mbit/s 802.11a (5 GHz) dan standar 802.11 g (2.4 GHz).

Pada November 2006, Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation (CSIRO) memenangkan sengketa hukum di pengadilan federal Texas AS ,melawan Buffalo Technology, sebuah pabrikan asal AS yang  telah gagal membayar royalti wireless LAN  CSIRO, yang mengajukan hak patennya pada tahun 1996. CSIRO saat ini terlibat dalam kasus-kasus hukum dengan perusahaan-perusahaan komputer termasuk Microsoft, Intel, Dell, HP dan Netgear yang berpendapat bahwa hak  paten tidak sah dan harus meniadakan pembayaran royalti kepada  CSIRO untuk produk-produk berbasis Wirelss LAN.
Sekian artikel ini semoga memberikan masukan mengenai sejarah wireless LAN.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment